Rabu, 28 Maret 2012

Keterampilan Mengatasi Stress (Copyng Skills)

Apa kabar semuanyaaa??

SUKSES SPEKTAKULER!!!!


Kali ini admin mau berbagi cerita sama kalian semua para pembaca setia blog kami lhoooo...
hehehe ayoo semuanya merapaaaatt..
Jangan sampai ketinggalan info nih...

Nah langsung aja yuks to the point

kalian pernah ga sih ngerasa stress?? Ngerasa galau, ngerasa banyak pikiran, harus ngerjain inilah itulah harus mikirin inilah itulah?? Pasti semua orang pernah mengalami yang namanya stress karena banyak pikiran dan banyak masalah??

Nah sekarang kita dari PIK Remaja KAWAT mau share ke kalian gimana caranya mengatasi stress.. disimak baik2 yaaa ^^

Apa sih STRESS??

Stress adalah kombinasi dari stressor (sebuah situasi) dan respons stress (reaksi otak dan tubuh). Situasi yang baru, tidak menyenangkan atau sulit diatasi disebut stressor (penyebab stress)

Stressor dapat muncul dalam setiap kesempatan didalam hidup kita, tidak selalu sebagai reaksi terhadap situasi atau kejadian yang negatif tetapi juga dapat juga merupakan sebuah pendorong motivasi yang postif. Tanpa stressor hidup akan membosankan sehingga menyebabkan hidup menjadi stress pula. Tetapi, stress yang ekstrem dapat mengakibatkan sakit, semakin menurunkan harga diri, dan mengurangi motivasi.


Trus gimana sih caranya biar ga stress??
Stress itu gabisa dihindari tapi bisa dikelola lhooo..
Ayoo baca lanjutannyaa yaaa


Mengelola Stress bukan sekedar mengurangi stress tetpai juga mengelola situasi yang menyebabkan stress pada individu. Penelitian menunjukkan bahwa kinerja dapat meningkat dengan bertambahnya stress sampai titik puncak. Tetapi bila melewati titik puncak, maka stress akan berakibat negatif. Mengelola stress berarti menemukan jenis, cara dan waktu stress yang tepat sesuai dengan ciri khas individu, prioritas dan situasi hidupnya untuk mencapai kinerja dan kepuasan maksimal.


Nah karena itu, kita sebagai remaja yang aktif kita harus pinter mengatasi stress, ada lhoo keterampilan menghadapi stresss.. Lanjut lagi yaa bacanyaa :D


Keterampilan mengelola stress berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menjalankan kehidupan sehari - harinya dengan menggunakan semua pengetahuan, sikap, perilaku sehat, sosial, mental dan kepriibadiannya. Biasanya keterampilan ini dihubungkan dengan stress, kemarahan, konflik, dan managemen waktu.

Keterampilan mengelola stress sangat penting, karenaaaa.................

mengembangkan keterampilan mengelola stress membuat seseorang mampu memelihara dirinya sendiri dan orang lain serta mempengaruhi lingkungan sosialnya ketika berhadapan dengan berbagai situasi buruk dan tekanan dari kehidupan modern ini.

Seseorang yang berdaya dengan keterampilan mengelola stress, selalu siap (berperilaku) menghadapi pengaruh2 lingkungannya.


Gimana sih caranya mengelola Stress yang Efektif???

Cara mengelola stress ada tahapannya lhoo...


1. Imajinasi
Duduk dengan santai dan membayangkan sesuatu cara imajinatif dapat membantu penyembuhan tubuh dan pikiran. dengan jaminan khayalan itu membuat kita menjadi merasa santai dan nyaman..

2. Pernafasan
Ini hal yang udah lumrah yang pasti kita lakukan setiap harinya bernafas. Untuk mendapatkan rasa nyaman,  tenang dan rileks kita cukup dengan mengatur nafas sambil menghitung setiap nafas kalian. hitung dari 1 - 10

3. Meditasi
kegiatan ini memusatkan perhatian anda pada suatu yang berulang dan tidak berubah..


Nah itu dia guys, tips mengatasi stresss...

Semoga artikel ini bisa membantu...


Sehabis ini jangan sampai deh tuh ada yang namanya remaja galau..

Ga jaman kaleee...
Hahhaha

See you next post ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

salam luar biasa.. silahkan tinggalkan komentar anda disini :)